Kamis, 02 April 2015

Merasa Kecil


Kadang kepala makin gede kalau lagi "di atas". Wajar, manusia akan ngerasa di atas kalau udah ngerasa :
- Kaya, artinya punya banyak uang, banyak pabrik, banyak rumah, atau minimal dompetnya tebel. Emh, oke, dompet tebel diralat karena sering cuma isi kartu-kartu ndak jelas yang ndak ada nilai ekonomisnya.

- Pinter, artinya tugas-tugas komplit, nilai-nilai ujian di atas rata-rata, IPK di atas tigak, tiap ditanya dosen ndak bakal ditanya balik, ato minimal ndak diomelin ortu gara-gara kuliah.
- Ganteng/Cantik, artinya kamu punya pacar, pacarmu sayang dan tak mampu kehilanganmu, ato minimal kamu sering ngasih receh ke pengamen banci dan dibilang "ganteng"

- Bejo, artinya kamu beruntung di segala situasi, misalnya pas di jalan ada begal.. begalnya nunduk dan hormat sama kamu, dan ngasih uang jajan.

Nah, belum sempet ngerasain hal di atas, kemarin saya "diingatkan" oleh suatu peristiwa yang cukup keren. Saya kuliah semi ekstensien di perguruan tinggi dan bisa dikatakan sebagian besar waktu mahasiswa yang kuliah sistem ini habis di pekerjaan daripada waktu untuk kuliah. So, aku ndak begitu ngarep deh ikut organisasi yang sedemikian kompleks.
Pagi, aku disms untuk ikut kegiatan itu. Saya mengira, kegiatan itu hanya serah terima jabatan pengurus lama ke pengurus baru. Satu jam aja lah, itu di bayanganku. 

Telat 30 menit, dengan harapan cuma duduk 30 menit lagi aja. Pas buka pintu, saya keluar bentar liat ruangan samping kanan kiri, "ini bener kan?" Oh ternyata bener. Ternyata masih harus nunggu lagi sampai 30 menit. Yah, gagal deh prediksi saya. Ya sudah, duduk 1,5 jam jg ndak papa, yang penting cepet selesai. BTW, aku cuma sendirian dari kelasku soalnya temen temen yang lain pada sibuk kerja. Aku pas lagi ndak kerja aja.
Tibalah pada saat acara mulai. Percaya ndak percaya , suasana berubah, yang semula ruang kelas berubah kaya Gedung DPR. Di awal sempet saya itung, di Setengah jam pertama itu kira kira ada 20an interupsi. Gilak kan? Saya emang baru kali itu iku pembahasan Anggaran dasar dan Anggaran Rumah Tangga organisasi. Busyet dahh! Itu ada pasal pasal dan ayat ayat gitu. Di situ juga muncul istilah istilah rapat yang ndak familier di telinga gue. Kalau mau interupsi harus ngomomg "Masuk", ada juga prosesi "prosedium sidang" , ada juga "skorsing" ah asing banget lah.
Di situ kadang saya merasa sedih, eh... Di situ saya merasa kecil. Ternyata saya ndak ada apa-apanya dibanding mereka yang ada di ruangan itu. Mereka yang hadir di situ begitu luwes membas pasal pasal yang ada di AD dan ART. Mereka seolah olah sudah siap jika sewaktu-waktu diminta Ketua DPR untuk nggantiin salah satu anggotanya.
Dalam hati, "ni orang keren-keren". Tapi saking kerennya mereka, mereka keasyikan. Acara yang jadwalnya dimulai pukul 9, pukul 15 belum selesai. Jadi ngerti deh kenapa sidang sidang di DPR itu sampe berhari hari, sampe ada yang bosen, sampe ada yang pilih buka tab terus nonton video, sampe ada yang tidur, sampai bahkan ada yang pilih ndak dateng aja.
Saya yang "kecil" ini merasa, kayaknya suatu saat saya harus belajar. Jangan-jangan ini penting juga. Ada pentingnya juga belajar tentang AD ART dimana setiap segi kehidupan pasti ditemui AD ART, di koperasi, di sekolah, di pemerintahan, dan sebagainya.
So, jangan terlalu merasa "gede" dan terlalu merasa "kecil", tapi ingatlah semua orang sama gede dan kecilnya, Kalau dah mati! hehe

Itu aja.

2 komentar:

  1. Ngebahas AD ART emang ribet. Di sekolah saya juga gitu. Syukur-syukur kalo sehari kelar, kalo nggak kan ribet besoknya harus dilanjut lagi

    BalasHapus
  2. Dulu pas SMA saya ndak pernah disuguhi kaya gitu, kayaknya ada yang salah di SMP sama SMA saya. Ato sayanya aja yang kuper, hehe...
    Syukur deh kalau mas ari dah dapet ilmu kayak gitu

    BalasHapus